Saturday, January 1, 2011

Analisa GBP/USD

Bismillah,

Okay, di tahun baru kita coba lihat apa yang kira-kira akan terjadi dengan GBP/USD mulai minggu awal Januari 2011.
Mulai dari bigmap dulu saja deh,

Kondisi bigmap dulu di yearly



Kondisinya berdasarkan KGBS adalah sideways retrace (SR) down, harga sedang konsolidasi setelah uptrend sebelumnya.
Dilihat pada Buyers/Sellers (BS) bands, harga berada diatas Buyers/Sellers Balance (BSB) 1.5264 artinya buyer masih menguasai market tapi belum sepenuhnya karena masih berada dibawah Buyers Balance (BB) 1.5782.
Dilihat pada lsma yearly, arah lsma yang tadinya naik sekarang mulai datar dan cenderung turun sementara harga berada dibawahnya, artinya trend yang tadinya naik sekarang melemah dan ada kecenderungan perubahan arah.
Harga sendiri bergerak dari bawah meninggalkan area BSB, ini menandakan buyers sedang mencoba mendorong harga. Apabila harga bergerak naik, maka level penting yang jadi perhatian adalah BB 1.5782 dan lsma. Apabila harga bermain diatas level BB dan lsma ditambah arah lsma berubah naik, maka uptrend akan berlanjut.
Tetapi apabila ternyata harga turun, maka level yang jadi perhatian adalah BSB 1.5264, apabila ini ditembus maka artinya kecenderungan sellers mulai menguasai market.

Sekarang kondisi gelombang lebih kecilnya, 4 monthly



Disini kondisinya malah sedang Trending Down (TD) Strong
Harga berada dibawah lsma 4 monthly dan BS balance 1.5821 dan kelihatannya sedang mencoba turun menembus Seller Balance (SB) 1.5580, arah lsma juga turun tajam.
Berdasarkan ini, diartikan sellers menguasai market dan kecenderungan arah adalah turun, dan kemungkinan akan retest low di 1.5341 dan BSB yearly, kecuali apabila harga bermain diatas lsma 4 monthly dan arah lsma berubah, maka level tujuannya ada disekitar 1.5782 dan BSB 4 monthly 1.5821.

Berikutnya kondisi bulanan alias monthly



Berdasarkan kondisi KGBS monthly dalam kondisi SR up, tapi harga sudah berada di area BSB monthly, yang merupakan level sangat kritis. Harga sempat menembus level BSB tapi kembali berada dibawahnya.
Sampai sini sebetulnya belum bisa diketahui kecenderungan arah berikutnya, tetapi jika dilihat kondisi 4 monthly dan posisi harga yang berada jauh dari lsma monthly, ada kemungkinan harga akan turun.

Berikutnya kondisi weekly



Kondisi weekly adalah TU medium, harga berada diatas BSB weekly 1.5501 yang artinya buyers lebih dominan tetapi lsma weekly masih berada dibawah BSB dan jauh dari harga.
Masih harus dilihat apakah harga akan terus naik dan weekly berubah fase menjadi TU strong atau harga malah berbalik mendekati BSB weekly, tetapi berdasarkan prinsip lsma maka ada kecenderungan harga akan mendekati lsma ketika posisinya terlalu berjauhan.

Terakhir kondisi daily



Jelas masih kondisinya TU strong alias buyers harian menguasai market. Harga berada diatas BSB dan lsma daily, arah lsma naik tajam, jelas kecenderungan arahnya naik.
Tinggal dari sini jika kondisi daily ini akan berlanjut maka dia akan mengubah kondisi weekly dan monthly menjadi TU, tetapi jika harga kemudian bermain dibawah lsma daily, maka sementara kemungkinan dia akan konsolidasi dulu di daily, dari situ, harus dilihat lagi berikutnya apakah harga akan terus naik, atau arah daily akan berbalik turun.
Jika turun maka berikutnya yang menjadi perhatian terdekat adalah kondisi weekly, apakah weekly akan masuk ke fase trending down, atau harga akan tertahan disitu dan berbalik naik lagi, kita tidak pernah tahu, kita lihat saja nanti deh.

Okay, sekian dulu ocehan saya, mudah-mudahan bermanfaat, alhamdulillah...

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho