Tuesday, December 1, 2009

Disiplin Sistem

Satu hal yang saya rasakan sangat sulit dijaga di bisnis forex ini adalah disiplin, untuk saya lho, nggak tahu deh kalau orang lain sih.
Sangat mudah tergoda untuk rush terjun ke market sementara menurut sistem kondisi belum atau tidak memungkinkan. Biasanya godaannya kalau melihat gerakan harga yang terlihat menggiurkan (yang ternyata cuma spike), atau mampir di forum-forum dan melihat trade orang lain (saya kemarin-kemarin sering melakukan kesalahan ini), terutama kalau melihat orang-orang yang bisa masuk pas di ujung.
Padahal dari awalnya target saya trading adalah profit! Sama sekali bukan untuk dapat masuk di ujung, dan saya membuat rules untuk itu. Tapi itulah, godaan rasa serakah dan iri terhadap orang lain menggoyahkan iman, hehehe, kayak setan gitu loh.
Padahal tentunya mereka-mereka itu punya kebijakan sendiri dan cara pandang yang berbeda dari saya. Kalau saya memang paham bagaimana cara mereka menganalisa dan mengambil keputusan, baru saya boleh meniru.
Jadi pesan moralnya adalah: jaga ketat disiplin.
Jangan mudah terpengaruh, proses dulu semua informasi. KG kemarin bilang sama saya kalau kita baru boleh mengubah rules yang kita pegang kalau memang ada sesuatu yang bisa membuat kita lebih baik, nah kalau belum ketemu, maka stick to your system!!!

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho