Sunday, November 15, 2009

Daily Range Trading

Ini teknik yang menjadi favorit saya. Sesuai namanya, ini hanya tentang range (kalau Indonesianya jarak ya?), dan secara eksklusif yang menjadi fokus adalah range harian/daily range, sangat simple.

Inti dari teknik ini adalah membiarkan harga bergerak sejauh mungkin sampai jenuh kemudian mengambil sedikit waktu retrace, sama seperti menunggu stamina atau bensin mobil sampai terkuras habis.

Jadi disini kita tidak memperkirakan kemana arah geraknya hari ini, biarkan saja, yang diincar adalah rangenya. Kemana pun dia bergerak satu saat pasti dia akan lelah, ini yang kita tunggu. Simple yah?

Tools utama yang digunakan adalah KG Range Percentage Range 48D dan KG Daily Percentage Level, bisa juga ditambah Bollinger Bands dan Moving Average.

Kondisi yang dicari adalah saat daily range sudah memenuhi average range-nya, dan sedekat mungkin dengan maksimum range, juga persentase sekarang sudah memenuhi persentase rata-ratanya. Tinggal memperhatikan kecenderungan pergerakannya apakah dia akan berbalik atau tidak, akan lebih baik bila di TF kecil, M5 misalnya. Maksimum range ini digunakan sebagai warning untuk cut loss karena apabila bisa ditembus maka kondisi dianggap telah menyimpang. Target profit pun hanya 10-20 pip saja.

Contoh di AUD/USD





Yang ini EUD/USD




Kelemahan teknik ini adalah apabila harga bergerak ranging, jadi tidak ada gerakan yang signifikan.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho