Monday, November 30, 2009

Eksperimen Cowabunga

Saya menemukan ini di babypips.com digunakan oleh orang yang bernickname PipSurfer,(credit untuknya).
Saya pikir teknik ini cukup simple, lagipula saya suka avatarnya, jadi akan saya coba.
Intinya adalah mengiktui trend besar dengan masuk melalui trend kecilnya.

Setupnya seperti ini:

Di H4
1. EMA 10, close
2. EMA 5, close
3. Stochastic 10,3,3
4. RSI 9

Di M15
1. EMA 10, close
2. EMA 5, close
3. Stochastic 10,3,3
4. RSI 9
5. MACD 12,26,9

Karena saya terbiasa dengan setup waktu harian, mingguan, dst, terus terang saya agak bingung dengan logika setup seperti diatas. Di H4 EMA 10 & 5 berarti EMA 40 jam dan 20 jam, stochastic 10,3,3 berarti 40 jam dan diambil 3 periodenya untuk %D, RSI 9 berarti 36 jam. Sementara di M15 EMA 10 & 5 berarti 150 & 75 menit, stochastic-nya berarti 150 menit juga, RSI 135 menit, dan MACD berarti 180, 390, dan 135 menit. Kenapa periode waktunya seperti ini ya?
Saya sudah tanyakan kepada PipSurfer tapi belum ada jawabannya, jadi saya coba dulu saja sambil mempelajarinya.

Tekniknya seperti ini:
1. Dapatkan dulu main trend di TF H4.
Misal trend up tandanya stochastic naik tapi belum overbought, RSI naik dan diatas 50, dan kedua EMA cross up. Trend down adalah kebalikannya, stochastic turun tapi belum oversold, RSI turun dan dibawah 50, EMA cross down.
2. Setelah dapat, lihat TF M15.
Kondisi yang dicari kurang lebih sama. Misalkan trend up di H4, maka disini juga kita cari kondisi stochastic naik tapi belum overbought, RSI naik dan diatas 50, dan kedua EMA cross up. Ditambah MACD harus sedang dibawah dan mulai kelihatan melemah.
Untuk trend down tinggak kebalikannya.
3. Waktu kondisi trend up, kita hanya mencari kesempatan untuk buy, waktu trend down kita hanya mencari kesempatan untuk sell.

Ini trade GBP/USD yang tadi:



Di TF H4 kedua MA cross down, stochastic juga turun, RSI berada di bawah 50, ini trend utamanya. Dan di TF M15 juga kedua MA cross down, stochastic turun, RSI di bawah 50, dan MACD yang naik tapi terlihat lemah.
Jadi OP sell target 200 pips, dan tercapai. Not bad...
O ya saya menggunakan broker 5 digit, jadi 10 pips disini sama dengan 1 pip di broker 4 digit.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho