Monday, November 30, 2009

Orang Bule Pintar? Masa?

Ada kejadian lucu hari Jumat kemarin, tanggal 27 November.
Di salah satu forum forex ternama tepatnya di thread eurusd. Para trader luar negeri bingung luar biasa dengan jatuhnya harga EUR/USD, dan banyak dari mereka yang membuka posisi long mengalami kerugian yang lumayan. Mereka bingung, beberapa memaki.
Saya perhatikan kebanyakan mereka waktu itu berasumsi harga akan naik. Akhirnya ada seseorang yang memposting bahwa penyebabnya adalah krisis moneter di Dubai.

Okelah, itu faktor fundamental, dan mungkin saja benar menjadi pemicu menguatnya USD, saya juga kurang paham masalah fundamental. Saya lebih suka melihatnya dari sisi analisa teknikal, sebatas tahunya saya saja tentunya.
Terus terang saya tidak tahu bagaimana cara para trader luar itu menganalisa, tapi kalau saya buka chart saya gambarnya seperti ini:



Di tempat yang saya beri kotak terlihat jelas sejak Kamis sore berdasarkan BB daily harga berada pada kondisi abnormal, MA daily juga menukik. Dari sini saja harusnya bisa disimpulkan harga tampaknya akan jatuh, itu sudah warning. Apalagi ditambah LSMA nrp, MA 4h dan 8H yang juga menunjuk kebawah. Dan benar saja harga terus terjun sampai hari Jumat siang. Huh, andai saja si bule itu sadar!
Yang ingin saya garis bawahi disini adalah bahwa orang luar negeri itu, saya kurang tahu bule atau bukan sebenarnya, ternyata ngga pinter-pinter amat tuh, masih kalah sama orang kita. Jadi kenapa kita harus selalu berkiblat ke mereka dan merasa inferior?

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho