Sunday, March 21, 2010

Analisa AUD/USD 21 Maret 2010

Bismillah.
Kali ini kita lihat apa yang terjadi dengan AUD/USD, mangga wilujeng menyimak.
Seperti biasa, kita mulai dengan big map di D1



Kita telusuri perjalanan harga. Mulai dari titik A (15 Juli 08) harga meluncur turun sampai ke titik B (27 Oktober 08), lalu naik hingga titik C (16 November 09). Dari situ harga cenderung bergerak ranging hingga Jumat kemarin.
Lalu saya tarik dua KG level untuk mengukur dua gelombang besar ini, satu antara A-B dan satunya lagi antara B-C. Dilihat berdasarkan kedua KG level ini, harga masih berada diatas buyer balance. Jadi, masih ada kecenderungan harga untuk terus melesat naik.
Sekarang kita lihat siklus yearly.
Harga berada di batas wilayah normal, tepatnya di band SD 1, sementara MA yearly masih kelihatan mengarah ke atas. Pada stochastic yearly masih berada diatas level buyer balance (75%). Jadi untuk yearly bisa dikatakan masih milik para buyer.
Kemudian siklus 3 monthly.
Pada BB 3 monthly harga beberapa bulan terakhir ini terlihat bergerak ranging. Sementara posisi harga terakhir disini juga ada pada batas zona normal, yaitu di band SD 1. Pada stochastic 3 monthly juga sudah berada diatas level 75%. Jadi 3 monthly juga tampaknya dikuasai buyer.
Kesimpulan pada big map buyer menguasai pasar jadi harga akan cenderung bergerak naik.

Berikutnya, H4



Lihat lagi harga bergerak turun antara titik D-E kemudian dari situ bergerak naik sampai sempat membuat high di F.
Untuk mengukur gerakan naik dari E saya tarik KG level antara D-E. Dari situ bisa dilihat harga sudah berada diatas level buyer balance.
Lalu kita lihat siklus monthly.
Setelah dari awal bulan Maret ini monthly berada dalam fase abnormal up, tampaknya mulai terlihat ada usaha untuk mengubahnya ke fase normal. Sementara di stochastic monthly juga masih berada diatas level 75% tapi kelihatannya sedang mengarah kebawah dan mendekat kesitu. Kita lihat saja nanti apakah dia bisa bermain dibawah itu atau tidak.

Sekali lagi kita dekati di H1



Sekarang kita lihat siklus weekly.
BB weekly masih dalam fase normal, harga tampaknya masih tertahan di band SD -1, sementara di stochastic juga masih ada di zona balance dengan posisi harga ada diantara b/s balance (50%) dan seller balance (25%).

Kemudian siklus daily.
Sampai pada penutupan Jumat kemarin masih berada pada fase abnormal down, MA daily juga masih menukik tajam. Tetapi di stochastic daily justru sudah kembali berada di zona balance, harga berada diantara level 50% dan 25%, jadi tampaknya mulai ada konsolidasi di daily.

Arah selanjutnya tinggal memperhatikan siklus weekly dan daily, ditambah level buyer balance D-E (0.9139). Bila harga bermain dibawah ini maka harga akan turun dan BB monthly akan benar-benar masuk ke fase normal. Target selanjutnya ada di MA monthly, MA 3 monthly, BB monthly SD -1, lalu b/s balance D-E (0.8952).
Tetapi apabila konsolidasi di daily dilanjutkan dengan fase naik di daily dan weekly, maka target selanjutnya ada di high titik D (0.9327).

Strategi saya:
Untuk buy saya akan perhatikan daily level 25% di stochastic. Apabila harga terlihat memantul disitu ditambah kondisi 8H dan daily mendukung, baru saya akan buy.
Dan untuk sell saya akan tunggu harga menembus level 0.9139, lalu tunggu dulu konsolidasi paling tidak di 8H, sell baru akan saya lakukan bila dari 8H itu harga bergerak turun.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho