Sunday, March 21, 2010

Ujian Nasional dan ziarah

Sore tadi saya lihat di tv berbondong-bondong siswa SMA menziarahi makam Gus Dur sebelum menghadapi UN. Saya nggak habis pikir lho, hubungannya apaan ya? Ziarah kan mendoakan ahli kubur sambil kita diingatkan akan mati, kenapa jadi ziarah kok minta sukses ujian? Minta sama Gus Dur? Apa almarhum Gus Dur dijadikan wasilah begitu? Atau makamnya keramat? Nggak ngerti.
Saya nggak paham masalah ini dan sama sekali nggak ada maksud menyinggung kepercayaan orang lain, tapi saya bisa bayangkan Gus Dur berkata: gitu aja kok repot!
Hehehe, mungkin dalam rangka minta sukses di forex saya juga harus berziarah kesitu kali ya, atau ke makam wali songo sekalian. Wallahu alam.
Kalau ada yang bisa jelaskan sama saya hal ini, saya akan berterima kasih sekali lho.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho