Saturday, March 20, 2010

Analisa EUR/USD 21 Maret 2010

Bismillah.
Oke, yang ini adalah analisa EUR/USD untuk Senin 22 Maret ini. Silakan disimak.

Seperti biasa, dimulai dengan big map di D1



Kita ikuti kisah petualangan pair ini.
Dari titik A harga terus terjun bebas sampai ke titik B, lalu retrace sampai ke titik C, dari situ turun lagi hingga low di titik D.
Saya tarik 2 KG level, pertama antara titik A-B untuk mengukur gelombang naik dari titik B, lalu antara titik B-C untuk mengukur gelombang turun yang terjadi dari titik C.
Posisi harga di gelombang C-D sekarang dilihat baik dari KG level A-B maupun B-C masih berada pada zona keseimbangan, posisi terakhir harga ada diantara level b/s balance dan seller balance. Bisa diartikan seller cukup dominan tapi belum benar-benar menguasai pasar sepenuhnya.

Lalu kita ikuti siklus yearly dengan BB yearly dan KGBS di stochastic.
BB yearly mulai berada pada fase abnormal down, tetapi MA yearly masih terlihat datar, sepertinya ini tanda awal seller akan mendominasi. Sementara di stochastic terlihat yearly sedang mendekati level seller balance (25%), kita belum tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Sekarang siklus 3 monthly dengan BB 3 monthly dan juga stochastic.
BB 3 monthly masih berada dalam fase abnormal down, harga kemarin sempat masuk ke zona normal tapi tampaknya seller menekan lagi harga keluar dari situ. Arah MA 3 monthly juga masih turun, dan di stochastic 3 monthly berada dibawah 25%. Jadi untuk 3 monthly bisa dikatakan seller menguasai pasar.

Pada big map bisa disimpulkan seller masih menguasai pasar, dengan demikian pair ini akan cenderung bergerak turun. Bila ini terjadi titik berikutnya yang akan menjadi perhatian adalah level seller balance A-B (1.3255) lalu seller balance B-C (1.3032), ditambah lagi perhatian pada yearly di stochastic apakah dia bisa menembus level 25% dibawah.

Lalu lihat lebih dekat lagi mid term di H4



Sekarang kita lihat siklus monthly.
BB monthly empat bulan terakhir ini tampaknya sedang berkonsolidasi. Harga sekarang sudah mulai berada dibawah band SD -1, jadi dia mulai masuk fase abnormal down, tetapi MA monthly masih datar. Pada stochastic monthly berada dekat sekali dengan level 25%, tinggal kita lihat saja apakah dia bisa tembus dan terus terjun atau tidak.

Terakhir, detailnya di H1



Disini bisa dilihat harga naik dari titik D ke E kemudian berbalik turun. Untuk mengukur gelombang turun yang ini, saya tarik lagi KG level D-E. Disitu kelihatannya harga tertahan di seller balance D-E (1.3530).

Sekarang siklus weekly-nya.
BB weekly dalam fase abnormal down, MA weekly juga menukik tajam. Di stochastic juga weekly berada di bawah 25%. Kesimpulan di weekly seller mendominasi.

Lalu siklus daily.
Daily juga berada dalam fase abnormal down, arah turun juga curam, tetapi di stochastic daily walaupun sangat tipis sudah berada di zona balance, diatas 25%. Tampaknya mulai ada tanda-tanda akan retrace.

Dilihat dari range mingguan yang sudah berada di rata-ratanya, lalu harga tampak tertahan di seller balance D-E, di stochastic 8H dan daily berada pada zona balance tampaknya pair ini untuk sementara akan naik untuk retrace dulu. Konfirmasi hal ini adalah apabila BB daily masuk fase normal. Dari sini kita akan pantau lagi apakah dia akan terus bergerak naik atau turun mengikuti big map-nya.

Strategi saya:
Buy apabila BB daily masuk ke fase normal.
Sell apabila di BB daily gagal masuk ke fase abnormal up.

Segitu dulu, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho