Saturday, March 20, 2010

Analisa EUR/JPY 20 Maret 2010

Assalamualaikum
Sudah lama saya nggak posting analisa, memang susah juga menjaga konsistensi.
Oke, kita mulai dengan EUR/JPY, pair yang sekarang jadi favorit saya.

Bismillah

Mulai dengan big map di D1



Kita lihat dulu gelombang besarnya.
Dari titik A harga meluncur turun ke titik B, kemudian melakukan retrace sampai ke titik C.
Ditarik KG level antara A dan B dan antara B dan C. Pada level A-B harga sudah berada dibawah seller balance, sementara pada level B-C dua bulan ini harga masih ranging antara b/s balance dan seller balance.
Kita lihat BB sekarang.
BB yearly berada dalam fase abnormal down, harga berada diluar band SD -1, dan kondisi MA flat.
Sementara BB 3 monthly setelah dua bulan kemarin dalam kondisi down sekarang mulai masuk kondisi normal sementara arah MA masih down.
Sedangkan arah MA monthly jelas terlihat datar.
Kemudian dilihat pada stochastic. Disitu weekly, 3 monthly dan yearly berada dibawah seller balance, hanya monthly yang tampaknya sedang konsolidasi dan berada dekat dengan b/s balance.
Pada big mapnya sampai disini disimpulkan seller tampaknya masih mendominasi pasar dan masih ada kecenderungan harga untuk turun, analisa turun ini akan fail apabila harga kemudian bermain diatas level seller balance A-B (126.53).
Konfirmasi harga benar-benar turun apabila BB 3 monthly kembali masuk ke fase abnormal down, dan tujuan berikutnya bisa dipastikan level seller balance B-C (118.85) lalu low A-B (112.06).
Dan apabila dia naik, maka konsolidasi di BB 3 monthly akan berlanjut, dan kemungkinan berlanjut juga ke BB yearly. Penghadang terdekat untuk naik ada di b/s balance B-C (125.63) dan seller balance A-B (126.53).

Lebih dekat lagi di H4



Untuk mengukur gelombang turun kali ini, saya menarik KG level antara titik D-E. Harga sekarang berada sedikit saja diatas level b/s balance (122.41). Jadi masih bisa dikatakan grey zone.
Sekarang ke BB monthly. Tampak dalam kondisi normal, MA monthly datar, harga datang dari atas band SD 1 dan sekarang berada tipis saja dibawah MA monthly.
Dilihat pada stochastic juga monthly berada tepat di b/s balance.
Sementara itu MA weekly menukik cukup tajam, MA daily juga menukik jadi ada kemungkinan harga akan bergerak turun.

Sekarang detail di H1



BB weekly dalam fase abnormal down, MA weekly menukik cukup tajam.
BB daily juga dalam fase abnormal down dan MA daily juga menukik tajam.
Harga tampaknya tertahan di b/s balance D-E (122.41).
Dilihat di stochastic daily tampaknya sedang berusaha naik ke zona balance, sementara 8H sudah lebih dulu berada di wilayah balance.
Untuk saat ini kondisi daily dan level b/s balance (122.41) ini akan menjadi perhatian.
Tembus kebawah maka dipastikan tujuan terdekat berikutnya berturut-turut BB 3 monthly SD -1, BB monthly SD -1, dan seller balance D-E (121.04).
Sebaliknya kalau naik, maka BB daily akan masuk ke kondisi normal, lalu tinggal awasi apakah dia akan terus naik lalu BB weekly juga nantinya akan ikut masuk ke zona normal, kemudian terus ke buyer balance D-E (128.82).

Strategi saya pribadi, buy akan saya lakukan apabila BB daily masuk ke fase normal, dan sell akan saya lakukan apabila harga turun menembus level seller balance D-E dan dikonfirmasi pada stochastic 8H juga turun kebawah seller balance (25%).

Oke, sekian dulu. Kita lihat saja apa yang terjadi minggu depan, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho