Saturday, March 20, 2010

Analisa GBP/USD 20 Maret 2010

Bismillah,
Saya buat analisa ini untuk persiapan berperang Senin tanggal 22 Maret.

Seperti biasa, mulai dari big map di D1



Kita lihat perjalanan harga dulu.
Dari titik A (15 Juli 08) GU terus turun hingga titik B (23 Januari 09), kemudian naik ke titik C (5 Agustus 09), lalu dari situ turun secara bertahap. Lalu ditarik KG level antara A-B, dan posisi harga sekarang berada dibawah level seller balance (1.5166), disini artinya seller mulai mendominasi pasar. Lalu KG level kedua ditarik antara B-C dan berdasarkan ini harga masih berada sedikit dibawah level b/s balance (1.5273), disini masih berada dalam zona balance.
Sekarang ke BB yearly.
BB yearly berada dalam fase abnormal down, harga berada dibawah band SD -1, sementara MA yearly masih datar. Disini mulai ada kecenderungan seller untuk menekan harga.
Berikutnya, BB 3 monthly.
BB 3 monthly sejak Februari lalu berada dalam fase abnormal down. Beberapa hari yang lalu sempat seperti akan masuk ke fase normal tapi tampaknya harga keluar lagi dari zona normal, lalu MA 3 monthly kelihatan mulai agak berbelok. Tampaknya sudah ada pertanda akan ada konsolidasi dulu disini.
Kita lihat persentase buyer/seller di stochastic.
Di stochastic yearly tampaknya berada tepat di level seller balance (25%), sementara 3 monthly sudah berada dibawahnya.
Kesimpulan disini adalah GU pada big map cenderung masih dikuasai seller, dengan level berikut yang berpotensi menjadi penghalang apabila dia turun ada di seller balance B-C (1.4388) lalu low B-C (1.3503). Kecuali apabila dia naik dan bermain diatas seller balance A-B (1.5166), kita asumsikan BB 3 monthly akan memasuki fase normal dan level terdekat berikut yang jadi perhatian adalah b/s balance B-C (1.5273), lalu bands pada BB yearly dan BB 3 monthly, lalu buyer balance B-C (1.6157).

Lebih dekat lagi lihat di H4



Kita lihat BB monthly.
BB monthly sedang dalam fase normal, harga sekarang berada di band SD -1, sementara di stochastic monthly sedang turun mendekati level seller balance (25%). Masih di wilayah balance juga.
Lalu lihat BB weekly yang dalam kondisi abnormal down, sementara di stochastic berada dibawah 25%. Jelas di weekly seller sedang menguasai pasar.
Selanjutnya tinggal mengawasi monthly, bila harga kemudian berhasil bermain dibawah BB monthly SD -1 dan dibawah level 25%, maka gerakan turun akan terus berlanjut. Bila tidak maka fase normal di monthly akan berlanjut.

Makin dekat, kondisi di H1



MA Daily dan 8H menukik sangat tajam, harga turun sejak Rabu 17 Maret, di stochastic juga jelas keduanya berada dibawah 25%. Tetapi harga kelihatan seperti tertahan di BB monthly SD -1.
Tinggal menunggu saja apakah dia bisa menembus pertahanan BB monthly SD -1 dan terus meluncur turun atau dia terpental keatas.
Tetapi melihat range daily yang sudah cukup jauh diatas rata-rata, ada kemungkinan harga akan melakukan retrace dulu.

Strategi saya:
Buy apabila BB 8H masuk ke fase normal, dengan memperhatikan apakah kondisi BB daily sudah ada tanda-tanda melemah atau belum.
Sell apabila kondisi normal hanya sampai di 8H dan harga kembali meluncur turun.

Sekian dulu, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 

Cho